0274-451788 / 082221284555

PANDUAN


Teknik Budidaya Pepaya CALIFORNIA

2015-12-03 11:22:55


Buah pepaya sangat digemari oleh konsumen Indonesia. Pepaya California merupakan jenis pepaya yangmempunyai buah relatif kecil sehingga bisa dikonsumsi sekali habis. Dewasa ini, semakin banyak petani yang tertarik untuk menanan Pepaya California. Berikut kami paparkan teknik budidaya pepaya California:
 
1. Persiapan Lahan
 
Jarak tanam ideal untuk tanaman California adalah 2,5 m x 3 m. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 50 x 50 x 40 cm (panjang 50 cm, lebar 50 cm, kedalaman 40 cm).
 
Satu minggu sebelum pindah tanam, lubang tanam diberi pupuk kandang sebanyak 10 Kg/lubang. Setelah itu, pupuk kandang diaduk dengan tanah sampai tercampur merata (homogen). Pupuk kandang dibiarkan berada di lubang tanam selama satu minggu.
 
2. Penanaman
 
Bibit yang telah siap tanam, dipindahkan ke lubang tanam dengan hati-hati. Bibit yang telah dipindah tanam kemudian disiram dengan air secukupnya. Pengecekan dilakukan seminggu sekali, apabila ada tanaman yang mati, segera disulam dengan bibit yang baru.
 
3. Penyiraman
 
Penyiraman dilakukan rutin setiap 1 (satu) minggu sekali untuk lahan kering atau 2 (dua) minggu sekali untuk lahan sawah. Pengairan dilakukan dengan mengairi lahan sampai basah. Tanaman California tidak suka dengan air menggenang sehingga saat pengairan diusahakan air terus mengalir/ langsung meresap ke tanah.
 
4. Pemupukan
 
- Pemupukan dasar : pupuk kandang sebanyak 10 Kg/ lubang tanam, diberikan sebelum pindah tanam.
- Pemupukan pertama : pupuk NPK sebanyak 150 gram/ tanaman, diberikan saat tanaman sudah berumur 1 bulan setelah pindah tanam.
- Pemupukan kedua : pupuk kandang sebanyak 15 Kg/ tanaman, diberikan saat tanaman sudah berumur 3 bulan setelah tanam.
- Pemupukan ketiga : pupuk NPK sebanyak 150 gram/ tanaman, diberikan saat tanaman sudah berumur 6 bulan setelah pindah tanam.
 
5. Pembumbunan
 
Pembumbunan dilakukan sebulan sekali selebar tajuk tanaman. Pembumbunan berfungsi untuk mengendalikan gulma di sekitar tanaman. Apabila tanaman pepaya terlihat jantan, segera ditebang agar tidak menjadi inang hama/ penyakit.
 
6. Pengendalian Hama
 
Hama pada tanaman pepaya California adalah kutu putih, Aphis, dan tungau. Pengendalian dilakukan dengan menyemprotkan pestisida secara berkala sesuai dengan hama sasaran. Ahis dan tungau biasanya menyerang daun muda dengan menghisap cairan pada daun muda.
 
7. Panen
 
Pepaya California akan mulai berbunga saat tanaman berumur 4 bulan setelah tanam. Pemetikan buah pertama dilakukan saat tanaman sudah berumur 6 bulan setelah tanam. Buah yang telah siap petik ditandai dengan warna buah beruban menjadi hijau tua. Untuk menjaga kualitas buah, setelah buah dipetik langsung dibungkus menggunakan kertas bekas. Hal ini bertujuan agar buah tidak tergores sehingga saat buah matang terlihat mulus. Pemanenan dapat dilakukan setiap 4 - 6 hari sekali.
 



<< kembali ke indeks panduan