0274-451788 / 082221284555

PANDUAN


Cara Menyemai Benih Semangka Non Biji "LONJONG"

2015-12-03 15:11:01


 
Perlu diketahui bahwa biji Semangka Non Biji mempunyai kulit biji lebih tebal dari biji semangka jenis lain sehingga membutuhkan perlakuan khusus agar biji cepat berkecambah.

Berikut kami paparkan cara menyemai benih Semangka Non Biji:

1.      Langkah pertama, lakukan pembukaan kulit biji Semangka Non Biji. Langkah ini dapat dilakukan dengan menjepit benih Semangka Non Biji menggunakan gunting kuku. Biji dimasukkan ke ruang belakang poros gunting kuku dengan posisi miring. Setelah itu jepit benih sampai terdengar bunyi "tik“, yang berarti kulit biji sudah retak. Penjepitan harus hati-hati, jangan sampai merusak ujung daging biji tempat titik tumbuh benih.

2.      Langkah berikutnya, rendam biji Semangka Non Biji dengan air hangat kuku selama 1 – 2 jam. Perendaman dilakukan untuk pelunakan kulit. Kemudian biji ditiriskan.

3.      Setelah itu, biji Semangka Non Biji diperam selama 2 – 3 hari. Pemeraman dilakukan dengan menaruh biji ke dalam kertas basah (lembab) atau di dalam handuk basah yang bersih. Selama pemeraman, harus dijaga kelembabannya (jika terlihat kering bisa menyemprotkan air pada kertas atau handuk). Biji yang diperam harus setiap hari dilihat untuk mengetahui apakah biji sudah berkecambah.

4.      Biji yang sudah terlihat berkecambah, kemudian dipindahkan ke polybag semai. Media polybag semai terdiri dari campuran tanah ayak dan pupuk kandang dengan perbandingan 5:1. Polybag ditata dan diletakkan pada tempat terbuka yang mendapat sinar matahari penuh dari pagi hingga sore hari.

5.      Persemaian ditutup menggunakan plastik transparan seperti rumah kaca mini. Plastik penutup dibuka saat jam 07.00 – 11.00 siang, kemudian ditutup dan dibuka lagi pada jam 14.00 – 16.00, setelah itu ditutup kembali. Plastik penutup berfungsi untuk melindungi bibit dari terik cahaya matahari.

6.      Jika tidak mempunyai penutup plastik transparan, letakkan saja persemaian di area terbuka.

Selama penyemaian dalam polybag, lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Pemeliharaan dilakukan selama 7 – 8 hari, setelah itu bibit siap untuk pindah tanam ke area penanaman.



<< kembali ke indeks panduan